Ragam Makanan yang Dapat Meningkatkan Fungsi Tulang Paha

Tulang paha menjadi salah satu tulang paling vital dalam keberlangsungan hidup manusia. Fungsi tulang paha amat penting bagi mobilitas seorang manusia. Sebab, tulang paha-lah yang menjadikan kita dapat berdiri, berjalan, berlari, hingga melakukan beragam aktivitas.

Meski tulang paha memiliki label sebagai tulang terkuat, bukan berarti ia menjadi “tahan banting”. Ada beberapa kondisi yang dapat menjadikan tulang paha kehilangan fungsinya. Oleh karena itu amat penting untuk selalu menjaga serta meningkatkan fungsi tulang paha.

Ada beragam cara untuk menjaga dan meningkatkan fungsi tulang, salah satu di antaranya adalah dengan asupan makanan. Nah, makanan atau bahan konsumsi apa yang amat baik untuk itu? Berikut di antaranya:

  1. Yogurt

Yogurt merupakan hasil fermentasi bakteri. Yogurt merupakan salah satu memiliki kandungan gizi cukup baik dalam membantu proses penyembuhan tulang. Yogurt mengandung kurang lebih 120mg kalsium, yang seperti kita ketahui bersama bahwa kalsium adalah “makanan utama” bagi tulang. Salah satu manfaat kalsium adalah membantu penyembuhan patah tulang.

  • Susu

Setiap 100gr susu sapi mengandung kurang lebih kalsium sebesar 125mg. Kandungan asam amino di dalam susu sapi sangat penting untuk digunakan dalam pertumbuhan tulang, termasuk tulang paha.

  • Keju

Keju merupakan salah satu makanan untuk patah tulang paha. Kandungan yang dimiliki keju dalam setiap 100gr kurang lebih mengandung 777 miligram kalsium.

  • Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang hijau mengandung banyak zat gizi, terutama sebagai sumber protein nabati. Protein adalah bahan dasar pembentukan tulang dan otot. Di samping itu, semangkuk kacang-kacangan tersebut kaya akan mineral, seperti kalsium, vitamin B, dan vitamin C.

  • Buah dan Sayuran

Manfaat dari buah dan sayuran memang tak perlu diragukan lagi. Banyak sekali vitamin dan zat gizi lainnya yang tekandung di buah dan sayuran.

Bayam, misalnya, bisa menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik. Satu mangkuk  bayam matang mengandung sekitar 25 persen dari kebutuhan kalsium harian. Ditambah lagi dengan kandungan serat, zat besi, dan vitamin A yang juga terdapat di bayam.

Untuk buah, salah satu yang paling disarankan adalah jeruk. Satu buah sitrus ini mengandung vitamin C hingga 95 miligram. Jumlah yang dibutuhkan tubuh untuk seharian penuh. Vitamin C sendiri berguna dalam membantu pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen yang berperan pada kesehatan sendi.

  • Salmon

Makanan yang baik untuk menjaga dan menaikkan fungsi tulang paha selanjutnya adalah ikan-ikanan. Ikan salmon menjadi satu yang paling baik. Ikan salmon mengandung banyak vitamin D yang juga baik dalam peningkatan kesehatan tulang. Bagi Anda yang tengah dalam tahap penyembuhan pasca-patah tulang, salmon adalah makanan yang tepat untuk mengembalikan fungsi tulang tersebut.

  • Kuning Telur

Makanan untuk patah tulang paha selanjutnya adalah kuning telur. Kuning telur sangat memiliki manfaat dalam penyembuhan patah tulang. Dengan nutrisi zinc yang ada di dalamnya, berfungsi membantu memperbaiki tulang yang retak ataupun patah.

  • Makanan yang Kaya Akan Magnesium

Magnesium memiliki banyak fungsi bagi tubuh, dan salah satunya adalah untuk membuat tulang tetap kuat (50% dari tubuh magnesium ditemukan dalam tulang). Memakan berbagai makanan dapat membantu untuk menjamin magnesium masuk ke tubuh secara cukup. Wanita diatas 30 tahun harus memenuhi sekitar 320mg magnesium setiap hari, sedangkan pria sekitar 400-420mg. Jumlah tersebut mudah didapatkan dengan mengkonsumsi, kacang-kacangan seperti almond, kacang kedelai, gandum, dan sayuran yang berwarna gelap seperti bayam.

  • Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin K

Vitamin K berperan banyak dalam berbagai fungsi tubuh, tetapi penelitian ilmiah telah menghubungkan nutrisi penting ini dengan kesehatan tulang. Studi yang berlangsung saat ini mengindikasi bahwa vitamin K dapat mencegah penyerapan kembali dan masuknya makanan secara cukup, dimana hal ini penting untuk mencegah kerapuhan tulang. Vitamin K dapat diperoleh dengan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran hijau.

***

Jika melihat betapa penting dan banyaknya fungsi tulang paha, menjaganya tetap sehat dan kuat adalah satu keharusan. Oleh karenanya, beragam makanan yang dapat menjaga dan meningkatkan fungsi tulang paha ini patutlah menjadi perhatian Anda. Jangan biarkan tulang utama di bagian kaki Anda ini kehilangan fungsinya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*