sakit kepala saat hamil

Hubungi Dokter jika Terjadi Hal Berikut saat Anda Hamil!

Banyak hal bisa terjadi semasa kehamilan. Anda tentunya harus menjaga kondisi tubuh sebaik mungkin agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Bila Anda menyadari ada ketidaknormalan dalam tubuh saat hamil, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Tidak hanya itu, berikut adalah keadaan-keadaan penting di mana Anda harus segera menghubungi dokter saat hamil!

1. Flek dan Perdarahan

Sekitar 25 persen wanita hamil mengeluarkan darah, baik itu hanya flek atau lebih banyak lagi. Itu terjadi pada 13 minggu pertama kehamilan. Meski begitu, lebih dari setengahnya melahirkan bayi yang sehat.

Keluarnya darah (terutama jika disertai kram perut) bisa merupakan gejala keguguran. Namun bisa jadi karena alasan lain. Umumnya, terkait dengan penempelan telur di dinding rahim, polip serviks ringan, atau akibat bercinta. Bisa juga karena hilangnya lendir serviks di awal persalinan. Apapun yang terjadi, segera hubungi dokter.

2. Sakit Kepala Parah

Jika sakit kepala parah disertai rasa akan segera pingsan, pusing, atau pandangan buram, segera hubungi dokter. Segera cari tempat yang nyaman jika merasa akan pingsan, dan minta seseorang menemani. Usahakan minum, karena bisa jadi itu tanda Anda mengalami dehidrasi.

Jika ini terjadi pada trimester ke tiga, hati-hati. Sakit kepala bisa menjadi tanda preeklamsia, kondisi yang ditandai dengan naiknya tekanan darah.

3. Sering Berkemih dan Terasa Sakit

Sakit saat buang air kecil adalah gejala infeksi kandung kemih. Banyak wanita mengalaminya, dan pasti terasa sangat tak nyaman untuk ibu hamil. Segera hubungi dokter untuk mencegah komplikasi.

Jika ada cairan yang banyak keluar, pastikan apakah itu air ketuban. Jika itu terjadi sebelum usia kehamilan 37 minggu, hal itu bisa memicu kelahiran prematur atau menandakan terjadinya infeksi uterus.

4.Sakit pada Panggul

Banyak calon ibu merasakan nyeri panggul selama kehamilan. Hati-hati jika Anda mengalami nyeri parah dan berkelanjutan, tidak sekedar rasa ditusuk-tusuk atau sakit ringan. Waspadalah jika sakit tak reda meski sudah melakukan peregangan, minum air, atau beristirahat. Apalagi jika kondisi tersebut disertai demam.

5. Muntah Tiada Henti

Waspada jika mual terasa luar biasa, muntah lebih dari sekali sehari, apalagi jika diiringi demam dan kesakitan. Kemungkinan Anda mengalami morning sickness parah yang butuh pengobatan. Dokter akan membantu ibu agar kembali merasa nyaman dan bisa makan.

6. Badan Dingin atau Demam Tinggi 

Demam tinggi pada kehamilan bisa menyebabkan keguguran. Sebab, janin membutuhkan suhu tubuh yang stabil dan sehat selama kehamilan, yakni sekitar 37-39 derajat Celcius.

Jika hal ini terjadi di usia kehamilan yang cukup tua, tingginya suhu badan tak akan telalu mempengaruhi bayi. Namun itu bisa jadi tanda adanya infeksi atau masalah lain.

7.Banyak Keluar Cairan Encer

Jika perut sudah menurun, keluarnya cairan seperti itu berarti pecahnya ketuban. Anda harus segera ke rumah sakit. Tetapi jika itu terjadi sebelum usia kehamilan 37 minggu, segera ke dokter. Bisa jadi itu adalah tanda bayi akan lahir prematur.

8.Bengkak Mendadak

Menghubungi dokter saat hamil juga harus segera dilakukan jika tangan dan wajah bengkak mendadak. Terutama di trimester kedua dan ketiga. Bisa jadi, ada sesuatu yang tak normal. Karena normalnya wanita hamil menahan air dan meningkat tekanan darahnya hanya sebesar 30-50 persen.

Bengkak mendadak itu bisa merupakan tanda preeklamsia atau tekanan darah tinggi yang diakibatkan kehamilan. Hal ini bisa memicu komplikasi serius apalagi jika diiringi dengan kaburnya penglihatan.

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas saat hamil, segera hubungi dokter.

Read More